Review OK Video Hari Ke-9: Vincent Moon, Prilla Tania, dan Anggun Priambodo

Posted on 16 October 2011 by jarakpandang

Dalam serangkaian program Video Out OK. Video FLESH 2011, tanggal 15 Oktober 2011 diadakan pemutaran salah satu film karya Vincent Moon berjudul Burning, di Kineforum. Selain oleh Vincent Moon, film buatan tahun 2009 ini juga disutradarai oleh Nat le Scouarnec yang sama-sama berasal dari Paris. Burning merupakan film dokumenter yang merekam pertunjukan live band Post-Rock asal Skotlandia, Mogwai.

Film ini dibuat oleh Vincent Moon dan Nat le Scouarnec tepatnya pada bulan April 2009, ketika Mogwai live performing di Music Hall of Williamsburg, Brooklyn, NY. Dalam Burning, kita bisa melihat bagaimana Moon dan Scouarnec mampu merekam momen paling  berkesan dalam sebuah pertunjukan live. Dengan durasi selama 48 menitMoon dan Scouarnec menggunakan efek hitam-putih pada keseluruhan film ini dari awal hingga akhir. Kesan kontras, bayangan serta cahaya begitu menonjol dalam film ini, selaras dengan tipikal musik Mogwai yaitu instrumental berbasis alunan gitar yang panjang, dipadukan dengan penggunaan efek dan distorsi yang berat dan kontras. Burning dapat menunjukan kepada kita bahwa sebuah film dokumenter live band bisa memiliki nilai artistik yang sangat tinggi, berbeda dengan rekaman live band pada umumnya yang cenderung seragam.

Selain bersama Mogwai, Vincent Moon bersama rekannya Chryde juga membuat project berupa serial dokumenter di ruang terbuka di lokasi-lokasi yang tak terduga bersama musisi/band lainnya. Project ini dinamai the Take Away Show Project, La Blogotheque’s video podcast dan sejak tahun 2006 telah membuat lebih dari 120 video musik bersama band/musisi seperti Liars, R.E.M., Arcade Fire, Tom Jones, The Ex, De Kift, Stephen Malkmus, Scout Niblett, Sigur Rós, Caribou, Vic Chesnutt, Architecture in Helsinki, The National, The Shins, Andrew Bird, Okkervil River, Xiu Xiu,Sufjan Stevens, dan David Bazan.

 

Selain pemutaran karya-karya Vincent Moon di Kineforum, di hari ke-9 OK Video FLESH 2011, juga berlangsung dua program video out, yaitu Focus on Anggun Priambodo di Vivi Yip Art Room, Warung Buncit dan Focus on Prilla Tania di Linggar Seni Kemang. Program Focus on Anggun Priambodo menghadirkan karya-karya Anggun yang terdiri dari sejumlah video, antara lain video music lagu karya Bangkutaman yang berjudul Ode Buat Kota. Sementara program Focus on Prilla Tania di Linggar Seni memutar sejumlah karya-karya video Prilla yang menggunakan teknik stop motion, antara lain Space Within Time, sebuah video series yang ia kerjakan dalam kurun waktu 2008-2009.

 

Sumber foto: www.vincentmoon.com

 

Asep Topanalumnus Jurusan Seni Murni, Institut Kesenian Jakarta, peserta Workshop Penulisan Kritik Seni Rupa dan Budaya Visual ruangrupa 2011

Leave a Reply

Advertise Here
Advertise Here


jarakpandang.net mendukung Jakarta 32 | Pameran Karya Visual Mahasiswa Jakarta | media partner Jakarta 32:



Advertisement   Advertisement   Advertisement   Advertisement   Advertisement   Advertisement   Advertisement