Review OK Video Flesh Hari Ke-8

Posted on 14 October 2011 by jarakpandang

Digital viral adalah sebuah eksperimentasi untuk melihat dari sudut pandang lain pergerakan video di ranah virtual yang kian menggejala dalam beberapa tahun terakhir[1]. Setiap karya video dengan tema Digital Viral dalam OK. Video FLESH ini bisa kita lihat dengan bentuk persentasi yang berbeda dengan karya video lainnya. Ratusan video disebar di gedung A dan B Galeri Nasional Indonesia dalam puluhan layar kecil, melalui alat pemutar musik dan video (iPod).

Melalui Digital Viral, kita bisa melihat adanya pergeseran fungsi dari internet dan video-sharing yang pada awalnya merupakan sarana hiburan dan media sosialisasi semata. Dewasa ini, video bisa menjadi alat untuk mempromosikan diri serta menjadi bukti beberapa kasus skandal seks dan politik. Bebeberapa karya video dalam tema Digital Viral memperlihatkan bagaimana semua orang bisa menikmati dan memanfaatkan kebebasan yang ditawarkan oleh teknologi, mengaktualisasikan diri mereka dalam sebuah video dan menyebarkannya melalui internet.

Tim kuratorial untuk Digital Viral OK. Video FLESH 2011 menetapkan 26 tema video berdasarkan isu yang dominan dan dapat mewakili gejala serta fungsi penggunaan video di internet oleh masyarakat Indonesia sekarang ini. Tema tersebut ialah Spoof Politik, Spoof Musik, Spoof Film, Gender, Kecelakaan, Hoax, Idol, Talent Show, Selebriti mainstream, Selebriti Viral, Aktivisme, Hack, Science, Leaks, Pesan Moral, Supranatural-Klenik, How-to, Olahraga, Jenius Lokal, Eksperimentasi, Plurarisme, Religi, Lipsync dan Million Viewers.[2]

Pembagian tema di atas memungkinkan kita menemukan video yang bisa memberikan kesan berbeda-beda, mulai dari video yang sangat menghibur, mengharukan bahkan menakutkan. Selain dipersentasikan dengan puluhan unit layar kecil, video-video ini dilengkapi juga dengan maskot virus bernama FLESHY untuk membedakannya dari sesi kuratorial lain.

 

Asep Topan, alumnus Jurusan Seni Murni, Institut Kesenian Jakarta, peserta Workshop Penulisan Kritik Seni Rupa dan Budaya Visual ruangrupa 2011

__________________

[1] Wardani, Farah: “Digital Viral: Sebuah Diagnosa Singkat”, Katalog OK. Video FLESH 5th Jakarta International Video Festival, 2011. Hlm. 134.

[2] Wardani, Farah: “Digital Viral: Sebuah Diagnosa Singkat”, Katalog OK. Video FLESH 5th Jakarta International Video Festival, 2011. Hlm. 136.

Leave a Reply

Advertise Here
Advertise Here


jarakpandang.net mendukung Jakarta 32 | Pameran Karya Visual Mahasiswa Jakarta | media partner Jakarta 32:



Advertisement   Advertisement   Advertisement   Advertisement   Advertisement   Advertisement   Advertisement