Review Ok Video Flesh Opening: OK. Video FLESH 5th Jakarta International Video Festival 2011

Posted on 07 October 2011 by jarakpandang

Lebih kurang jam setengah sembilan malam, Bapak Tubagus ‘Andre’ Sukmana selaku Kepala Galeri Nasional Indonesia membuka pameran OK. Video FLESH 5th Jakarta International Video Festival 2011 tepat di depan pintu masuk gedung A (gedung utama) Galeri Nasional Indonesia. Sebelumnya, acara telah dimulai dengan visual mapping oleh Flicker Screen & Ricky ‘Baybay’ Janitra dan lantunan lagu-lagu dangdut gerobak ibukota yang mampu mencuri perhatian sekitar 700-an orang pengunjung di sisi kanan gedung utama Galeri Nasional Indonesia.

Dengan latar visual mapping, MC pada malam ini yaitu oomleo dan Nastasha Abigail memulai acara pembukaan OK. Video FLESH 5th Jakarta International Video Festival 2011. Penyampaian ucapan terimakasih kepada beberapa pendukung acara dan media partner dilanjutkan dengan sambutan pameran OK. Video FLESH oleh Hafiz selaku kurator dan Artistic Director. Dalam sambutan kuratorialnya, Hafiz menyampaikan bahwa dalam konteks estetika seni video, metafora daging (flesh) secara material, ia terjemahkan dengan ‘melihat daging sejarah seni video’. Untuk itu pada gelaran OK. Video kali ini dimensi sejarah estetika seni video dimunculkan. Dengan demikian, bagaimana ‘daging’ seni video ini tumbuh dalam peta seni rupa dunia dapat dibaca dalam festival kali ini. Di dalamnya ada persinggungan antara seni video dengan film, seni konseptual, seni performans, dan praktik-praktik seni lainnya. Setelah selesai menyampaikan sambutannya, Hafiz kemudian memperkenalkan kurator lainnya yaitu Agung Hujatnikajennong, Farah Wardani, Mahardhika Yudha & Rizki Lazuardi serta semua seniman video yang berpartisipasi dalam festival kali ini kepada para pengunjung.


Adapun pengumuman tiga karya terbaik dari Open Submission festival kali ini disampaikan oleh Bapak Tubagus ‘Andre’ Sukmana, dilanjutkan dengan pembukaan pameran untuk mempersilahkan pengunjung memasuki Galeri Nasional Indonesia dan menikmati gelaran OK. Video FLESH 5th Jakarta International Video Festival 2011. Tiga karya yang dinyatakan terbaik dari Open Submission OK. Video ke-5 ini berjudul Seven Shorts (Bryan Lauch dan Petra Pokos/Slovenia), Newly Risen Decay (Giada Ghiringhelli/Switzerland) serta One Evening at NY Gentleman’s Club (M.R. Adytama Pranada/Indonesia).

Dalam pembukaan hari ini, 6 Oktober 2011, Galeri Nasional Indonesia membuka semua gedung yang digunakan untuk OK. Video FLESH ini –meliputi gedung A (utama), gedung B, gedung C serta gedung serba guna– hingga jam sepuluh malam. Namun acara masih berlanjut hingga pukul 12 tengah malam dengan music performances oleh DJ Keke (The Secret Agents), Racun Kota, Rharharha, DJ Adder, Jalan Surabaya (DJ Danger Dope with MC Billal), dan VJ Ijul.

– Asep Topan, alumnus IKJ – lulusan segar dan tekun menulis soal pameran seni rupa


opening-1-t.jpgopening-2-t.jpgopening-3-t.jpgopening-5-t.jpgopening-6-t.jpgopening-7-t.jpgopening-91-t.jpg

Leave a Reply

Advertise Here
Advertise Here


jarakpandang.net mendukung Jakarta 32 | Pameran Karya Visual Mahasiswa Jakarta | media partner Jakarta 32:



Advertisement   Advertisement   Advertisement   Advertisement   Advertisement   Advertisement   Advertisement