Review Ok Video Flesh Hari Ke-7: Araya Rasdjarmrearnsook – The Class (2005)

Posted on 13 October 2011 by jarakpandang

The Class (2005) ialah video karya seniman perempuan asal Thailand, Araya Rasdjarmrearnsook. Dalam video berdurasi 6 menit 3 detik ini, Araya melakukan performans dengan berperan menjadi seorang guru. Ia mengajar, menulis di papan tulis, menerangkan pelajaran dengan buku di tangannya dan berinteraksi secara langsung kepada enam sosok mayat sebagai muridnya. Pelajaran yang ia terangkan kepada enam sosok muridnya ialah tentang kematian. Melalui karya ini, Araya menampilkan sebuah tontonan yang dapat membuat kita bertanya: apakah kematian itu sesungguhnya? Mungkin hanya murid-murid Araya yang tahu persis apa kematian dalam video tersebut, bukan hanya karena telah dijelaskan oleh Araya, bahkan secara langsung mereka telah mengalaminya. Dengan performansnya ini, ia juga membuat kita berpikir bahwa sesungguhnya kehidupan dan kematian tidak harus dipahami sebagai sesuatu yang berlawanan.

Araya Rasdjarmrearnsook merupakan seniman kelahiran Trad, Thailand pada 26 Juli 1957. Ia mendapatkan gelar Master of Fine Arts dalam bidang Seni Grafis (printmaking) dari Silpakorn University, Bangkok pada tahun 1986. Saat ini ia tinggal dan bekerja di Chiang Mai, Thailand. Pada tahun 2005, karyanya terpilih mewakili Thailand untuk Venice Biennale ke-51. Araya juga berpartisipasi dalam Gwangju Biennale dan Taipei Biennale.

Bersama dengan video seniman-seniman lainnya seperti Vito Acconci, Melati Suryodarmo, Joan Jonas, dll., The Class merupakan karya Araya dalam OK. Video FLESH dengan tema [in]corporeal. Pameran ini berupaya memperlihatkan sample pendekatan artistik dalam seni performans yang dilakukan dengan video. Disini terlihat bagaimana eksplorasi seniman-seniman dalam pameran ini tidak hanya dibatasi oleh sifat-sifat fisikal dan non fisikal tubuh, tapi juga berbagai kelebihan dan keterbatasan yang ada dalam teknologi video.

 

*) Asep Topan, alumnus Jurusan Seni Murni, Institut Kesenian Jakarta, peserta Workshop Penulisan Kritik Seni Rupa dan Budaya Visual ruangrupa 2011

 

Leave a Reply

Advertise Here
Advertise Here


jarakpandang.net mendukung Jakarta 32 | Pameran Karya Visual Mahasiswa Jakarta | media partner Jakarta 32:



Advertisement   Advertisement   Advertisement   Advertisement   Advertisement   Advertisement   Advertisement